Selasa, 27 November 2012

Kebersamaan itu Hanya Terasa Selama Dua Bulan


      Bagi mahasiswa FKIP pasti tidaklah asing dengan kata PPL. Apakah itu PPL? PPL (Program Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu kegiatan kurikuler yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa program S1 untuk mendapatkan gelar sarjana. Dengan adanya PPL mahasiswa diharapkan mampu membentuk empat kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjadi guru yang profesional, yaitu : kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.
           Begitulah definisi dari PPL sehingga kita harus melaksanakan yang namanya PPL. Bersama PPL tentu kita akan bercampur menjadi satu dalam instansi sekolah. dari berbagai macam subjurusan yang ada di FKIP kita akan dijaddikan satu. Semula kita hanya selalu berinteraksi sesama jrusan kita masing-masing, namun dalam PPL kita di tuntut untuk saling berinteraksi dengan jurusan yang lain, sekolah, dan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan). Interaksi itulah lama kelamaan akan membentuk suatu kebersamaan. Kebersamaan dalam segala hal yang berhubungan dengan PPL. Saling kerjasama, membantu, berfikir, memecahkan masalah dan lain-lain. 
        Pelaksanaan PPL memang sangat membantu mahasiswa FKIP, karena disitulah mahasiswa akan belajar dan dituntut menjadi seorang guru yang profesional nantinya. Maka dalam PPL kita harus bisa memanfaatkan segala proses yang kita lalui, mencari hikmah dibalik semua yang telah kita kerjakan. Mencari kekurangan dan kelebihan dengan yang kita lalui, baik dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), kegiatan-kegiatan sekolah, interaksi denga sesama warga sekolah dan lainnya. 
           Selama dua bulan lamanya kita bersama, menikmati suka dan duka. Memang tidak mudah bagi kita yang statusnya masih mahasiswa, karena "Mahasiswa itu banyak pekerjaannya" itulah kata-kata yang selalu ada dalam ingatanku selama PPL. 

0 komentar:

Posting Komentar